Senin, 16 Januari 2012

Pembelajaran Dengan Teori Kecerdasan Ganda


KECERDASAN GANDA (MULTIPLE INTELEGENSI)
  1. DEFINISI
            Pada tahun 1983 Howard Gardner seorang psikologi terkemuka  dalam bukunya The Theory of Multiple Intelegence, menemukan bahwa sebenarnya manusia memiliki beberapa jenis kecerdasan. Howard menyebutnya sebagai kecerdasan majemuk atau multiple intelegensi.
            Setiap manusia memiliki semua kecerdasan itu, namun hanya beberapa yang dominan atau menonjol dalam diri seseorang.
            Kita sering kali menganggap bahwa orang yang memiliki kecerdasan matematis (logic smart) sebagai orang yang pintar. Namun survai membuktikan bahwa mereka yang dulunya terkenal nakal dan bandel di kelas, justru pada saat bekerja bisa sukses dan menjadi pemimpin atas orang – orang yang rajin dan pandai dikelas. Mengapa bisa demikian?
            Mereka yang nakal dan bandel itu bukanlah bodoh, tetapi mereka memang tidak menonjol dalam kecerdasan matematis dan mungkin menonjol dalam jenis bidang yang lain.
Kedelapan kecerdasan itu adalah :
    1. Kecerdasan linguistic (word smart)                                 
    2. Kecerdasan spasial (picture smart)
    3. Kecerdasn matematis (logic smart)
    4. Kecerdasan kinestetis (body smart)
    5. Kecerdasan musik (music smart)
    6. Kecerdasan interpersonal (people smart)
    7. Kecerdasan intrapersonal (self smart)
    8. Kecerdasan Naturalis (nature smart)
CONTOH KASUS :
Semua orang tua pada umumnya ingin yang terbaik bagi anaknya, terutama dari segi pendidikan. Tingkat intelektual seorang anak sering diartikan sebagai nilai yang dicapai dalam sebuah tes atau peringkat yang diraihnya disekolah.Kecerdasan intelektual biasanya dapat diukur dengan tes IQ. Berdasarkan tes IQ tersebut anak akan diberi “label” anak yang pintar atau bukan. Ada nilai mata pelajaran yang tertentu yang dipercaya secara signifikan berkolerasi dengan kecerdasan anak tersebut. Salah satunya adalah mata pelajaran matematika. Hal inimenyebabkan banyak orang tua yang “mengagungkan” mata pelajaran yang satu ini dan mengira bahwa anak mereka mampu menggeluti bidang ilmu eksata lebih cerdas daripada anak yang menggeluti bidang yang lain.

  1. CIRI MASING – MASING KECERDASAN
1.      WORD SMART
Definisi :
            Kecerdasan linguistik atau bahasa orang yang memiliki kecerdasan ini pandai mengelolah kaa – kata. Sebagian diantara mereka pandai berkata – kata (misal: presenter, rohaniawan, pendongeng, mc, dsb). Sebagian dari mereka pandai menulis (missal: novelis, penulis buku, dsb). Tetapi cukup banyak juga yang menguasai keduanya.
Ciri  – ciri :
·         Bisa berfikir secara sistematis
·         Senang berdebat dan beragumentas, membaca, mendengar, menulis
·         Mampu mengeja dengan mudah
·         Mengingat dengan detail dari sebuah hal
·         Suka permainan kata misalnya eka – teki silang
·         Percaya diri saat berbicara didepan public
Pengembangan dan kegiatan belajar yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·         Meminta siswa bercerita, mengeja
·         Adakan forum debat diskusi
·         Bermain permainan ingatan tentang nama dan tempat
·         Membaca dan menulis cerita, menulis resensi buku atau membuat kliping
·         Permainan teka – teki silang, atau permainan yang berhubungan dengan kosa kata
·         Minta siswa mewawancarai seseorang mengenai suatu topic
·         Minta siswa membuat pajangan kelas atau majalah kelas
Kecerdasan lain yang mendukung :
            Akan lebih baik jika ditunjang dengan pengembangan self smart, logic smart, dan people smart. Ketiga kecerdasan itu akan meningkatkan kemampuan anda dalam mengelolah kata, serta memperluas wawasan anda.
Pekerjaan yang sesuai :
MC, pembawa acara, rohaniawan, trainer, penyiar radio, guru, editor, story teller, public relation, sastrawan, penulis, copywriter, pelawak.

2.      PICTURE SMART
Definisi :
            Kecerdasan spasial atau kecerdasan gambar. Orang yang memiliki kecerdasan ini sangat mudah mengingat gambar, dan memiliki imajinasi yang kuat. Apabila ia membayangkan sesuatu, bayangan itu tergambar dengn jelas dalam pikirannya. Biasanya orang yang memiliki kemampuan ini orang yang memiliki kemampuan dalam menggambar kebanyakan orang menyebutnya seniman. Kelebihan orang yang memiliki kelebihan picture smart selain punya imajinasi yang tinggi mata mereka biasanya peka atau jeli menangkap hal – hal yang tidak dilihat oleh orang lain.
Ciri – ciri :
·         Senang menggambar dan menulis
·         Baik dalam membaca peta dan diagram
·         Senang permainan puzzle atau jigsaw
·         Berfikir sambil berimajinasi
·         Mudah mengingat berdasarkan gambar.
Pengembangan kegiatan belajar yang cocok untuk tipe kecerdasan ini
·         Upayakan untuk menggunakan banyak gambar, peta pikiran, diagram, peta coretan, dan simbol saat belajar
·         Intregrasikan pembelajaran seni dan computer pada pelajaran lain
·         Jadikan kelas anda semenarik mungkin dengan banyak pajangan


Kecerdasan lain yang mendukung :
             Kecerdasan lain yang paling mendukung adalah nature smart. Biasanya alam adalah sumber ispirasi yang tak terbatas bagi seniman. Dalam dunia kerja, dibutuhkan juga berbagai kecerdasan lain yang dapat menunjang picture smart anda. Biasanya logic smart juga dibutuhkan untuk menunjang picture smart anda. Bahkan seorang disainer grafis juga membutuhkan word smart dalam pekerjaannya.
Pekerjaan yang sesuai :
Desainer grafis, arsitek, desainer interior, pemahat/pematung, fotografer, kamerawan, illustrator, komikus, pelukis, disainer produk, animator dll.

3.      LOGIC SMART
Definisi :
            Kecerdasan matematis atau kecerdasan logika.Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya unggul dalam pelajaran IPA, FISIKA, MATEMATIKA. Kemampuan analisis yang kuat dan dapat berfikir secara teratur, bahkan pola pikirnya cenderung kaku. Orang logic smart adalah orang yang realistis dan selalu mencari jawaban atas berbagai pertanyaan. Tetapi cenderung mencari alasan terhadap segala sesuatu.
Ciri – ciri :
·         Berfikir secara abstrak
·         Menyukai kegiatan berhitung
·         Bekerja dengan cermat dan menyukai ketepatan
·         Memiliki catatan yang teratur
·         Berfikir dengan logis
·         Senang pelajaran computer
·         Pemecah masalah yang baik
Pengembangan kegiatan belajar yang cocok untuk tipe kecerdasan ini
·         Perbanyak tugas yang melibatkan kemampuan memecahkan masalah
·         Tugas akhir topic dilakukan dengan computer
·         Minta siswa mengkatagorikan fakta dan informasi serta menemukan pola dan hubungan – hubungan
·         Kenalkan pada siswa tahap – tahap dalam pengerjaan tugas.
Kecerdasan lain yang mendukung :
            People smart guna menambah wawasan dan teman, supaya tidak dianggap kutu buku dan orang aneh. Nature smart juga perlu guna memancing otak anda untuk menemukan berbagai pertanyaan yang bisa memperkaya pengetahuan anda sendiri. Music smart, karena konon katanya musik bisa merangsang kerja otak manusia menjadi lebih maksimal. Cocok bagi mereka yang gemar memeras otak.
Pekerjaan yang sesuai :
Ilmuwan, guru/pengajar sains, akuntan, analisis data, programmer, ekonom, ahli teknik (mesin, sipil,elektro,kimia).

4.      BODY SMART
Definisi :
            Kemampuan untuk mengendalikan gerakan, keseimbangan, koordinasi, dan ketangkasan bagian – bagian tubuh. Umumnya orang denga body smart sangat menyukai olah raga dan suka terlibat dalam kegiatan – kegiatan yang mengandalkan fisik.Orang yang aktif. Namun kecerdasan tubuh bukan hanya soal fisik saja. Kemampuan berperan menirukan perilaku tertentujuga termasuk keahlian yang dimilki oleh orang dengan kecerdasan tubuh. Misalnya orang yang gemar mengotak – atik sesuatu (mesin, peralatan elektronik, menjahit bagi wanita) bisa jadi mereka adalah orang yang memiliki kemampuan body smart.
Ciri –ciri :
·         Siswa memiliki control tubuh, respon dan refleks yang baik
·         Suka membuat prakarya atau pekerjaan tangan
·         Tidak bisa diam.
Pengembangan kegiatan belajar yang cocok dengan kecerdasan ini :
·         Sedapat mungkin kegiatan pembelajaran banyak melibatkan anggota tubuh
·         Gunakan gerakan atau ajak siswa memperagakan sesuatu sebagai alat Bantu menjelaskan konsep yang sulit (dramatisasi).

Kecerdasan lain yang mendukung :
            Secara tidak langsung tidak ada kecerdasan lain yang sesifik diperlukan. Tergantung bidng pekerjaan terkait. Misalnya untuk olahragawan, logic smart juga diperlukan untuk menganalisis kemampuan dan kelemahan lawan, serta menyelidiki situasi lapangan dan kondisi lingkungan. Dengan memiliki kemampuan analisis yang baik, sang olahragawan dapat menyiapkan strategu terbaik guna meningkatkan kemungkinannya untuk berhasil.
Pekerjaan yang sesuai:
Atlet, penari, pesulap, penata rambut, penjahit, actor, montir dsb.

5.      MUSIC SMART
Definisi :
            Rasanya tidak perlu dijelaskan lagi. Bagi anda yang yang sangat menyukai musik dan punya bakat dibidang musik, sudah pasti anda adalah orang yang memiliki kecerdasan music.
Ciri – ciri :
·         Sensitive terhadap nada, irama, kekuatan emosi music, komposisi warna dan nada
·         Religius
Pengembangan dankegiatan belajar yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·         Menggunakan alat musik atau bernyanyi bersama
·         Gunakan lagu sebagai alat Bantu menjelaskan konsep yang sulit
·         Membuat nada dering, lagu melalui telepon genggaman atau computer.
Kecerdasan lain yang mendukung :
            Secara langsung hamper tidak ada kecerdasan lain yang dibutuhkan. Tetapi secara tidak langsung body smart ketrampilan tangan dan koordinasi tubuh, self smart, word smart bagi anda yang suka menciptakan lagu, picture smart, dan nature smart bagus untuk mengembangkan otak kanan and

Pekerjaan yang sesuai :
Tentunya semua yang berhubungan dengan musik, mulai dari pemain musik, vokalis, pembuat jingle, arranger, pencipta lagu, dsb.

6.      PEOPLE SMART
Definisi :
            Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan social yang tinggi. Mudah berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, orang dengan kecerdasan ini sanggup menempatkan diri dan membaca situasi orang – orang disekitarnya. Ia dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Kegiatan – kegiatan berkelompok akan lebih disukai.
Ciri-ciri :
·         Pintar bernegosiasi, berhubungan, membaca pikiran dan maksud hati orang lain
·         Suka berteman, dan melakukan kegiatan bersama
·         Bisa menjadi mediator dalam perselisihan antar teman
·         Dapat menyesuaikan dengan keadaan.
Pengembangan dan kegiatan belajar yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·         Melakukan kegiatan belajar kelompok
·         Waktu istirahat yang efektif dan fleksibel agar mereka bisa bersosialisasi
·         Perbanyak kegiatan yang berhubungan dan berkomunikasi antar pribadi.
Kecerdasan lain yang mendukung :
             Yang terutama adalah word smart. Dengan pengolahan kata yang baik, kemampuan social anda akan semakin efektif. Kecerdasan lain yang dibutuhkan, namun tergantung pada jenis pekerjaan yang anda miliki.
Pekerjaan yang sesuai :
Pengusaha, public relations, psikolog, konselor, marketing, politikus, trainer, aktivis social, reporter, sosiolog, dsb.

7.      SELF SMART
Definisi :
             Seseorang yang mampu memahami dirinya sendiri. Ia tahu tujuan hidupnya, punya target yang ingin dicapai, mengerti apa potensi dan kelemahan yang ia miliki. Bisa mengintropeksi diri dan dapat menarik pelajaran dari dari peristiwa dalam hidupnya. Sebenarnya kecerdasan ini perlu dimiliki dan dikembangkan oleh semua orang karena diperlukan untuk mengambil keputusan dalam hidupnya.
Ciri – ciri :
·         Sudah punya motivasi diri, nilai diri, tujuan hidup
·         Sudah menyadari kemampuannya, kekuatan dan kelemahan sendiri
Pengembangan dan kegiatan belajar yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·         Banyak melakukan diskusi yang mendalam dan Tanya jawab
·         Setiap selesai mengerjakan tugas diminta untuk melakukan refleksi dalam hati, bisa menuliskan apa yang dialami dan rasakan selama proses pembelajaran berlangsung.
Kecerdasan lain yang mendukung :
            Kecerdasan lain berguna untuk mempermudah pengembangan self smart kita. Misalnya, orang yang memiliki music smart akan lebih mudah merenung bila disertai dengan iringan lagu. Orang yang nature smart bisa lebih mudah melakukan introspeksi saat berada di alam terbuka. Orang dengan picture smart bisa menuangkan hasil perenungannya dalam bentuk gambar agar lebih mudah diingat.
Pekerjaan yang sesuai:
Semua pekerjaan membutuhkan self smart agar dapat mencapai potensi maksimal dalam pekerjaan yang dilakukan/digeluti. 

8.      NATURE SMART
Definisi :
             Secara sederhana, orang dengan nature smart adalah orang yang sangat menyukai alam dan lingkungannya. Ia sangat suka berpergian dan segala macam kegiatan diluar ruang. Biasanya juga suka memelihara binatang atau tanaman.
Ciri – ciri:
·         Mempunyai kepekaan akan keadaan alam sekitar
·         Mudah peka akan kondisi lingkungan yang ada
·         Berani bertindak sekalipun menantang untuk mempertahankan lingkungannya
Pengembangan dan kegiatan belajar yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·         Banyak menikmati suasana alam dan belajar langsung dari alam
·         Buat kaitan sebanyak mungkin dengan alam sekitar.
                 Pekerjaan yang sesuai:
                   Petani, pekebun, arkeologi, astronom, ahli botani, ahli biologi penelitian lingkungan, pelaut, dokter hewan.

  1. PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN  KECERDASAN GANDA
    1. Pengembangan Kecerdasan Ganda
            Inti dari konsep kecerdasan ganda, adalah bagaimana memperlakukan anak sesuai dengan potensi dirinya masing – masing. Itu karena setiap manusia memiliki potensi dan kemampuan sendiri – sendiri. Kemapuan dan potensi itulah yang didekati, diarahkan agar berkembang lebih optimal.
            Dalam proses pembelajaran, diterapkan pendekatan active learning (belajar aktif). Siswa diberikan kesempatan untuk berekspresi dan berkreasi seluas mungkin. Ini dimaksudkan untuk dapat tumbuh pribadi yang aktif, mandiri, kreatif, inovatif, sehingga mampu memecahkan masalah dalam hidupnya.
            Untuk menunjang keberhasilan dan kelencaran proses belajar mengajar, perlu dilengkap dengan berbagai fasilitas untuk sarana pembelajaran. Misalnya, laboratorium computer dengan jaringan internet, laboratorium bahasa, laboratorium IPA terpadu untuk mata pelajaran fisika, kimia, dan biologi. Selain itu, dilengkapi pula dengan sumber belajar multipedia menggunakan layar lebar dan videoconference, perpustakaan serta lapangan olahraga. Para siswa pun dapat mengembangkan diri dan menyalurkan bakat serta minat mereka dengan berbagai kegiatan ekstrakurikulum.
    1. Strategi Dasar Pembelajaran Kecerdasan Ganda
Ada beberapa strategi dasar dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan ganda, yaitu:
·         Membangunkan atau memicu kecerdasan , yaitu upaya  untuk mengaktifkan indera dan menghidupkan kerja otak.
·         Memperkuat kecerdasan, yaitu dengan cara member latihan dan memperkuat kemampuan membangunkan kecerdasan.
·         Mengembangkan struktur pelajaran yang mengacu pada penggunaan kecerdasan ganda.
·         Mentransfer kecerdasan, yaitu usaha memanfaatkan berbagai cara yang telah dilatihkan di kelas untuk memahami realitas di luar kelas atau pada lingkungan nyata.

Referensi
Armstrong Thomas Ph.D. Seven Kinds of Smart. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2002.
http://kecerdasan-ganda.blogspot.com/
http://ridhotha.wordpress.com/2010/01/30/teori-kecerdasan-majemuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar