KECERDASAN GANDA (MULTIPLE INTELEGENSI)
- DEFINISI
Pada tahun 1983 Howard Gardner seorang
psikologi terkemuka dalam bukunya The
Theory of Multiple Intelegence, menemukan bahwa sebenarnya manusia memiliki
beberapa jenis kecerdasan. Howard menyebutnya sebagai kecerdasan majemuk atau
multiple intelegensi.
Setiap manusia memiliki semua
kecerdasan itu, namun hanya beberapa yang dominan atau menonjol dalam diri
seseorang.
Kita sering kali menganggap bahwa
orang yang memiliki kecerdasan matematis (logic smart) sebagai orang yang
pintar. Namun survai membuktikan bahwa mereka yang dulunya terkenal nakal dan
bandel di kelas, justru pada saat bekerja bisa sukses dan menjadi pemimpin atas
orang – orang yang rajin dan pandai dikelas. Mengapa bisa demikian?
Mereka yang nakal dan bandel itu
bukanlah bodoh, tetapi mereka memang tidak menonjol dalam kecerdasan matematis
dan mungkin menonjol dalam jenis bidang yang lain.
Kedelapan kecerdasan itu adalah :
- Kecerdasan linguistic (word smart)
- Kecerdasan spasial (picture smart)
- Kecerdasn matematis (logic smart)
- Kecerdasan kinestetis (body smart)
- Kecerdasan musik (music smart)
- Kecerdasan interpersonal (people smart)
- Kecerdasan intrapersonal (self smart)
- Kecerdasan Naturalis (nature smart)
CONTOH
KASUS :
Semua orang tua pada umumnya ingin yang terbaik
bagi anaknya, terutama dari segi pendidikan. Tingkat intelektual seorang anak
sering diartikan sebagai nilai yang dicapai dalam sebuah tes atau peringkat
yang diraihnya disekolah.Kecerdasan intelektual biasanya dapat diukur dengan
tes IQ. Berdasarkan tes IQ tersebut anak akan diberi “label” anak yang pintar
atau bukan. Ada nilai mata pelajaran yang tertentu yang dipercaya secara
signifikan berkolerasi dengan kecerdasan anak tersebut. Salah satunya adalah
mata pelajaran matematika. Hal inimenyebabkan banyak orang tua yang
“mengagungkan” mata pelajaran yang satu ini dan mengira bahwa anak mereka mampu
menggeluti bidang ilmu eksata lebih cerdas daripada anak yang menggeluti bidang
yang lain.
- CIRI
MASING – MASING KECERDASAN
1. WORD SMART
Definisi :
Kecerdasan linguistik atau bahasa orang yang memiliki kecerdasan ini
pandai mengelolah kaa – kata. Sebagian diantara mereka pandai berkata – kata (misal:
presenter, rohaniawan, pendongeng, mc, dsb). Sebagian dari mereka pandai
menulis (missal: novelis, penulis buku, dsb). Tetapi cukup banyak juga yang
menguasai keduanya.
Ciri – ciri :
·
Bisa berfikir secara sistematis
·
Senang berdebat dan beragumentas, membaca,
mendengar, menulis
·
Mampu mengeja dengan mudah
·
Mengingat dengan detail dari sebuah hal
·
Suka permainan kata misalnya eka – teki silang
·
Percaya diri saat berbicara didepan public
Pengembangan dan kegiatan belajar yang
cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·
Meminta siswa bercerita, mengeja
·
Adakan forum debat diskusi
·
Bermain permainan ingatan tentang nama dan
tempat
·
Membaca dan menulis cerita, menulis resensi buku
atau membuat kliping
·
Permainan teka – teki silang, atau permainan
yang berhubungan dengan kosa kata
·
Minta siswa mewawancarai seseorang mengenai
suatu topic
·
Minta siswa membuat pajangan kelas atau majalah
kelas
Kecerdasan lain yang mendukung :
Akan lebih baik jika ditunjang
dengan pengembangan self smart, logic smart, dan people smart. Ketiga
kecerdasan itu akan meningkatkan kemampuan anda dalam mengelolah kata, serta
memperluas wawasan anda.
Pekerjaan yang sesuai :
MC, pembawa acara, rohaniawan, trainer, penyiar
radio, guru, editor, story teller, public relation, sastrawan, penulis, copywriter,
pelawak.
2. PICTURE SMART
Definisi :
Kecerdasan spasial atau kecerdasan gambar. Orang yang memiliki
kecerdasan ini sangat mudah mengingat gambar, dan memiliki imajinasi yang kuat.
Apabila ia membayangkan sesuatu, bayangan itu tergambar dengn jelas dalam
pikirannya. Biasanya orang yang memiliki kemampuan ini orang yang memiliki
kemampuan dalam menggambar kebanyakan orang menyebutnya seniman. Kelebihan
orang yang memiliki kelebihan picture smart selain punya imajinasi yang tinggi
mata mereka biasanya peka atau jeli menangkap hal – hal yang tidak dilihat oleh
orang lain.
Ciri – ciri :
·
Senang menggambar dan menulis
·
Baik dalam membaca peta dan diagram
·
Senang permainan puzzle atau jigsaw
·
Berfikir sambil berimajinasi
·
Mudah mengingat berdasarkan gambar.
Pengembangan kegiatan belajar yang cocok
untuk tipe kecerdasan ini
·
Upayakan untuk menggunakan banyak gambar, peta
pikiran, diagram, peta coretan, dan simbol saat belajar
·
Intregrasikan pembelajaran seni dan computer
pada pelajaran lain
·
Jadikan kelas anda semenarik mungkin dengan
banyak pajangan
Kecerdasan lain yang mendukung :
Kecerdasan lain yang paling mendukung adalah
nature smart. Biasanya alam adalah sumber ispirasi yang tak terbatas bagi
seniman. Dalam dunia kerja, dibutuhkan juga berbagai kecerdasan lain yang dapat
menunjang picture smart anda. Biasanya logic smart juga dibutuhkan untuk
menunjang picture smart anda. Bahkan seorang disainer grafis juga membutuhkan
word smart dalam pekerjaannya.
Pekerjaan yang sesuai :
Desainer
grafis, arsitek, desainer interior, pemahat/pematung, fotografer, kamerawan,
illustrator, komikus, pelukis, disainer produk, animator dll.
3. LOGIC SMART
Definisi :
Kecerdasan matematis atau
kecerdasan logika.Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya unggul dalam
pelajaran IPA, FISIKA, MATEMATIKA. Kemampuan analisis yang kuat dan dapat
berfikir secara teratur, bahkan pola pikirnya cenderung kaku. Orang logic smart
adalah orang yang realistis dan selalu mencari jawaban atas berbagai
pertanyaan. Tetapi cenderung mencari alasan terhadap segala sesuatu.
Ciri – ciri :
·
Berfikir secara abstrak
·
Menyukai kegiatan berhitung
·
Bekerja dengan cermat dan menyukai ketepatan
·
Memiliki catatan yang teratur
·
Berfikir dengan logis
·
Senang pelajaran computer
·
Pemecah masalah yang baik
Pengembangan kegiatan belajar yang cocok
untuk tipe kecerdasan ini
·
Perbanyak tugas yang melibatkan kemampuan
memecahkan masalah
·
Tugas akhir topic dilakukan dengan computer
·
Minta siswa mengkatagorikan fakta dan informasi
serta menemukan pola dan hubungan – hubungan
·
Kenalkan pada siswa tahap – tahap dalam
pengerjaan tugas.
Kecerdasan lain yang mendukung :
People smart guna menambah wawasan
dan teman, supaya tidak dianggap kutu buku dan orang aneh. Nature smart juga
perlu guna memancing otak anda untuk menemukan berbagai pertanyaan yang bisa
memperkaya pengetahuan anda sendiri. Music smart, karena konon katanya musik
bisa merangsang kerja otak manusia menjadi lebih maksimal. Cocok bagi mereka
yang gemar memeras otak.
Pekerjaan yang sesuai :
Ilmuwan,
guru/pengajar sains, akuntan, analisis data, programmer, ekonom, ahli teknik
(mesin, sipil,elektro,kimia).
4. BODY SMART
Definisi :
Kemampuan untuk mengendalikan
gerakan, keseimbangan, koordinasi, dan ketangkasan bagian – bagian tubuh. Umumnya
orang denga body smart sangat menyukai olah raga dan suka terlibat dalam
kegiatan – kegiatan yang mengandalkan fisik.Orang yang aktif. Namun kecerdasan
tubuh bukan hanya soal fisik saja. Kemampuan berperan menirukan perilaku
tertentujuga termasuk keahlian yang dimilki oleh orang dengan kecerdasan tubuh.
Misalnya orang yang gemar mengotak – atik sesuatu (mesin, peralatan elektronik,
menjahit bagi wanita) bisa jadi mereka adalah orang yang memiliki kemampuan
body smart.
Ciri –ciri :
·
Siswa memiliki control tubuh, respon dan refleks
yang baik
·
Suka membuat prakarya atau pekerjaan tangan
·
Tidak bisa diam.
Pengembangan
kegiatan belajar yang cocok dengan kecerdasan ini :
·
Sedapat mungkin kegiatan pembelajaran banyak
melibatkan anggota tubuh
·
Gunakan gerakan atau ajak siswa memperagakan
sesuatu sebagai alat Bantu menjelaskan konsep yang sulit (dramatisasi).
Kecerdasan lain yang mendukung :
Secara tidak langsung tidak ada
kecerdasan lain yang sesifik diperlukan. Tergantung bidng pekerjaan terkait. Misalnya
untuk olahragawan, logic smart juga diperlukan untuk menganalisis kemampuan dan
kelemahan lawan, serta menyelidiki situasi lapangan dan kondisi lingkungan. Dengan
memiliki kemampuan analisis yang baik, sang olahragawan dapat menyiapkan
strategu terbaik guna meningkatkan kemungkinannya untuk berhasil.
Pekerjaan yang sesuai:
Atlet,
penari, pesulap, penata rambut, penjahit, actor, montir dsb.
5. MUSIC SMART
Definisi :
Rasanya tidak perlu dijelaskan
lagi. Bagi anda yang yang sangat menyukai musik dan punya bakat dibidang musik,
sudah pasti anda adalah orang yang memiliki kecerdasan music.
Ciri – ciri :
·
Sensitive terhadap nada, irama, kekuatan emosi
music, komposisi warna dan nada
·
Religius
Pengembangan dankegiatan belajar yang cocok
untuk tipe kecerdasan ini :
·
Menggunakan alat musik atau bernyanyi bersama
·
Gunakan lagu sebagai alat Bantu menjelaskan
konsep yang sulit
·
Membuat nada dering, lagu melalui telepon
genggaman atau computer.
Kecerdasan lain yang mendukung :
Secara langsung hamper tidak ada
kecerdasan lain yang dibutuhkan. Tetapi secara tidak langsung body smart
ketrampilan tangan dan koordinasi tubuh, self smart, word smart bagi anda yang
suka menciptakan lagu, picture smart, dan nature smart bagus untuk
mengembangkan otak kanan and
Pekerjaan yang sesuai :
Tentunya
semua yang berhubungan dengan musik, mulai dari pemain musik, vokalis, pembuat
jingle, arranger, pencipta lagu, dsb.
6. PEOPLE SMART
Definisi :
Orang dengan kecerdasan ini
memiliki kemampuan social yang tinggi. Mudah berhubungan dan berkomunikasi
dengan orang lain. Selain itu, orang dengan kecerdasan ini sanggup menempatkan
diri dan membaca situasi orang – orang disekitarnya. Ia dapat dengan cepat
beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Kegiatan – kegiatan berkelompok akan
lebih disukai.
Ciri-ciri :
·
Pintar bernegosiasi, berhubungan, membaca
pikiran dan maksud hati orang lain
·
Suka berteman, dan melakukan kegiatan bersama
·
Bisa menjadi mediator dalam perselisihan antar
teman
·
Dapat menyesuaikan dengan keadaan.
Pengembangan dan kegiatan belajar yang
cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·
Melakukan kegiatan belajar kelompok
·
Waktu istirahat yang efektif dan fleksibel agar
mereka bisa bersosialisasi
·
Perbanyak kegiatan yang berhubungan dan
berkomunikasi antar pribadi.
Kecerdasan lain yang mendukung :
Yang terutama adalah word smart. Dengan
pengolahan kata yang baik, kemampuan social anda akan semakin efektif. Kecerdasan
lain yang dibutuhkan, namun tergantung pada jenis pekerjaan yang anda miliki.
Pekerjaan
yang sesuai :
Pengusaha,
public relations, psikolog, konselor, marketing, politikus, trainer, aktivis
social, reporter, sosiolog, dsb.
7. SELF SMART
Definisi :
Seseorang yang mampu memahami
dirinya sendiri. Ia tahu tujuan hidupnya, punya target yang ingin dicapai,
mengerti apa potensi dan kelemahan yang ia miliki. Bisa mengintropeksi diri dan
dapat menarik pelajaran dari dari peristiwa dalam hidupnya. Sebenarnya
kecerdasan ini perlu dimiliki dan dikembangkan oleh semua orang karena
diperlukan untuk mengambil keputusan dalam hidupnya.
Ciri – ciri :
·
Sudah punya motivasi diri, nilai diri, tujuan
hidup
·
Sudah menyadari kemampuannya, kekuatan dan
kelemahan sendiri
Pengembangan dan kegiatan belajar yang
cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·
Banyak melakukan diskusi yang mendalam dan Tanya
jawab
·
Setiap selesai mengerjakan tugas diminta untuk
melakukan refleksi dalam hati, bisa menuliskan apa yang dialami dan rasakan
selama proses pembelajaran berlangsung.
Kecerdasan lain yang mendukung :
Kecerdasan lain berguna untuk
mempermudah pengembangan self smart kita. Misalnya, orang yang memiliki music
smart akan lebih mudah merenung bila disertai dengan iringan lagu. Orang yang
nature smart bisa lebih mudah melakukan introspeksi saat berada di alam
terbuka. Orang dengan picture smart bisa menuangkan hasil perenungannya dalam
bentuk gambar agar lebih mudah diingat.
Pekerjaan
yang sesuai:
Semua
pekerjaan membutuhkan self smart agar dapat mencapai potensi maksimal dalam
pekerjaan yang dilakukan/digeluti.
8. NATURE SMART
Definisi :
Secara sederhana, orang dengan
nature smart adalah orang yang sangat menyukai alam dan lingkungannya. Ia
sangat suka berpergian dan segala macam kegiatan diluar ruang. Biasanya juga
suka memelihara binatang atau tanaman.
Ciri – ciri:
·
Mempunyai kepekaan akan keadaan alam sekitar
·
Mudah peka akan kondisi lingkungan yang ada
·
Berani bertindak sekalipun menantang untuk
mempertahankan lingkungannya
Pengembangan dan kegiatan belajar yang
cocok untuk tipe kecerdasan ini :
·
Banyak menikmati suasana alam dan belajar
langsung dari alam
·
Buat kaitan sebanyak mungkin dengan alam
sekitar.
Pekerjaan yang sesuai:
Petani, pekebun, arkeologi, astronom, ahli botani, ahli biologi
penelitian lingkungan, pelaut, dokter hewan.
- PENGEMBANGAN
DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN GANDA
- Pengembangan
Kecerdasan Ganda
Inti dari konsep kecerdasan ganda, adalah
bagaimana memperlakukan anak sesuai dengan potensi dirinya masing – masing. Itu
karena setiap manusia memiliki potensi dan kemampuan sendiri – sendiri. Kemapuan
dan potensi itulah yang didekati, diarahkan agar berkembang lebih optimal.
Dalam proses pembelajaran,
diterapkan pendekatan active learning (belajar
aktif). Siswa diberikan kesempatan untuk berekspresi dan berkreasi seluas
mungkin. Ini dimaksudkan untuk dapat tumbuh pribadi yang aktif, mandiri,
kreatif, inovatif, sehingga mampu memecahkan masalah dalam hidupnya.
Untuk
menunjang keberhasilan dan kelencaran proses belajar mengajar, perlu dilengkap
dengan berbagai fasilitas untuk sarana pembelajaran. Misalnya, laboratorium
computer dengan jaringan internet, laboratorium bahasa, laboratorium IPA
terpadu untuk mata pelajaran fisika, kimia, dan biologi. Selain itu, dilengkapi
pula dengan sumber belajar multipedia menggunakan layar lebar dan
videoconference, perpustakaan serta lapangan olahraga. Para siswa pun dapat
mengembangkan diri dan menyalurkan bakat serta minat mereka dengan berbagai
kegiatan ekstrakurikulum.
- Strategi Dasar Pembelajaran Kecerdasan Ganda
Ada
beberapa strategi dasar dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan
kecerdasan ganda, yaitu:
·
Membangunkan atau memicu kecerdasan , yaitu
upaya untuk mengaktifkan indera dan menghidupkan kerja otak.
·
Memperkuat kecerdasan, yaitu dengan cara member
latihan dan memperkuat kemampuan membangunkan kecerdasan.
·
Mengembangkan struktur pelajaran yang mengacu
pada penggunaan kecerdasan ganda.
·
Mentransfer kecerdasan, yaitu usaha memanfaatkan
berbagai cara yang telah dilatihkan di kelas untuk memahami realitas di luar
kelas atau pada lingkungan nyata.
Referensi
Armstrong
Thomas Ph.D. Seven Kinds of Smart. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2002.
http://kecerdasan-ganda.blogspot.com/
http://ridhotha.wordpress.com/2010/01/30/teori-kecerdasan-majemuk/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar