Selasa, 10 Januari 2012

Kepribadian Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran


Percaya atau tidak, ada sesuatu yang mempengaruhi kepribadian seseorang sebelum seseorang itu mengambil napas pertama. Hal tersebut adalah urutan kelahiran seseorang.  Penelitian menunjukkan bahwa urutan kelahiran seseorang memiliki hubungan langsung dengan kepribadiannya. Dalam buku ini dijelaskan mengenai bagaimana urutan kelahiran membentuk seseorang menjadi siapa dirinya hari ini, tentang bagaimana urutan kelahiran seseorang mempengaruhi pendidikannya, dan sebagai panduan untuk kedua orang tua dan pendidik pada berurusan dengan masing-masing jenis urutan kelahiran tertentu.

Salah satu psikolog beraliran neo-freudian, Alfred Adler, melakukan penelitian dan mendalilkan pengaruh urutan anak terhadap kepribadiannya. Ia mengamati anak-anak sesuai urutan kelahirannya dalam keluarga memegang posisi kekuasaan yang berbeda. Pencarian identitas dan perhatian dipengaruhi oleh posisi urutannya. Perbedaan lingkungan yang hadir pada anak pertama, tengah, dan bungsu juga bisa membawa mereka pada kepribadian yang berbeda.

Dalam terapi yang dilakukan oleh Adler, ia hampir selalu menanyakan kliennya mengenai keadaan keluarga, yakni; urutan keluarga, jenis kelamin dan usia saudara-saudara sekandung. Adler mengembangkan teori urutan lahir didasarkan pada keyakinannya bahwa keturunan, lingkungan dan kreativitas individual berganbung membentuk kepribadian seseorang. menurutnya, dalam sebuah keluarga, setiap anak lahir dengan unsur genetik yang berbeda, masuk dalam seting sosial yang berbeda, dan anak-anak itu menginterpretasikan situasi dengan cara yang berbeda pula.

Adler menganggap urutan kelahiran dalam keluarga mempunyai peranan penting dalam membentuk kepribadian seseorang, urutan-urutan tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan dalam menginterpretasikan setiap pengalaman yang didapat.

Dalam dalilnya, seperti dikutip dari forum diskusi psikologi di sebuah situs psikologi, disebutkan bahwa dalam pandangan Adler semua anak berusaha menjadi superior dan berjuang demi mendapat perhatian,serta kasih sayang orang tuanya. Mereka umumnya berkompetisi untuk menarik perhatian. Kondisi ini membentuk kepribadian mereka berbeda dan mencerminkan usaha mencari perhatian.

Disebutkan Adler, setiap anak lahir dalam tahapan berbeda. Sebagai contoh, anak pertama lahir dalam keluarga kecil, sehingga ía menerima banyak perhatian. Lalu anak kedua lahir dalam keluarga yang sudah terdapat anak yang lebih tua. Pada tahap ini, anak pertama umumnya lebih vokal dalam memberitahu adiknya atas apa yang harus dikerjakan serta bagaimana mengerjakannya.

Di sisi lain, anak kedua cenderung mengamati anak pertama. Ia merasa harus berkompetisi untuk mendapat perhatian dan kasih sayang. Anak kedua menemukan jalan yang berlainan untuk menjadi pusat perhatian. Mereka cenderung memilih jenis olahraga, hobi, dan areal yang berbeda dalam mencapai sesuatu. Sama halnya dengan ciri kepribadian mereka yang berbeda.
Anak terakhir biasanya mempunyai tantangan lebih sulit lagi. Terlebih pada masa ini, keluarga sudah dipenuhi oleh anak yang jumlahnya tidak satu, dengan usia lebih tua pula. Anak bungsu cenderung tidak sekuat yang dilihat. Mereka lebih bebas membentuk kepribadiannya, dan tidak dituntut menjadi orang yang sukses.

Mereka tidak mendapat tekanan kuat dari orangtua untuk mencapai sesuatu lebih tinggi. Sebaliknya, mereka mendapat tekanan untuk tetap menjadi ‘bayi” atau anak kecil. Dengan begitu mereka tidak bisa tumbuh dengan cepat, walaupun menurut Adler, anak bungsu lebih santai dan lebih bebas.

Urutan anak dalam keluarga sangat kompleks. Faktor seperti usia orangtua, urutan anak serta jenis kelamin saudara, agama, dan keyakinan budaya serta variabel penting lainnya juga berperan dalam membuat tahapan atas sesuatu yang dipelajari anak.


Ciri Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran

Menurut Roslina Verauli, MPsi., karakteristik anak bisa dilihat berdasarkan urutan kelahiran seperti yang disebutkan bapak psikologi individual, Alfred Adler.

Anak Pertama atau Sulung

Anak yang lahir pertama biasanya anak dengan perhatian yang besar diarahkan pada dirinya. Ada dua jenis khas anak yang lahir pertama, yaitu patuh dan agresif. Anak pertama dalam keluarga bisa salah satu dari dua jenis, dan memiliki sifat-sifat khas:

  • Kerap terbebani dengan harapan atau keinginan orangtua. Anak pertama sangat penting bagi ego orangtua. Itu sebabnya, si sulung didorong untuk mencapai standar sangat tinggi sebagai representasi orangtua.
  • Cenderung tertekan.
  • Senang menjadi pusat perhatian. Perkembangan kepribadiannya lebih optimal saat ia memperoleh perhatian.
  • Orangtua cenderung lebih memperhatikan dalam mendidik anak pertama.
  • Anak pertama biasanya seorang high achiever (memiliki keinginan berprestasi tinggi).
    Saat adik lahir, ia mempunyai tempat kehormatan bagi adik. Meski begitu, saat pusat perhatiannya terganggu oleh adik, ia bisa iri dan tidak aman.
  • Cenderung diberi tanggung jawab oleh orangtua untuk menjaga adiknya.
  • Belajar bertanggung jawab dan mandiri melalui kegiatan sehari-hari.
  • Dapat diandalkan.
  • Cenderung terikat pada aturan-aturan.
  • Dominan, konservatif, dan otoriter.
  • Mempunyai pemikiran yang tajam.
  • Lebih sensitif.
  • Bertanggungjawab, melindungi dan memperhatikan orang lain.
  • Organisator yang baik.
  • Banyak anak pertama yang mendapat posisi puncak seperti direktur atau CEO. Tak sedikit anak pertama yang merasa menderita karena tidak sukses.


Kelebihan dan Kekurangan

Kategori
Kelebihan
Kekurangan
Sifat
Memiliki tingkat kepercayaan yang bagus, serius, sabar, teratur, memiliki konsentrasi yang kuat, percaya diri untuk bermimpi dan merencanakan, merasa didukung, dan merasa mereka akan dihormati karena apa yang mereka lakukan.
Memiliki bawaan rasa takut, perfeksionis, ingin lebih sukses, merasa seolah-olah mereka tidak pernah cukup baik, cenderung egois dengan sikap dan perhatian.
Karir
Sering memilih karir yang membutuhkan tingkat presisi yang tinggi seperti: hukum, kedokteran, pemrograman komputer, atau arsitektur, tidak ada daerah abu-abu di lapangan pekerjaan, pemegang kendali, sering menjadi bos atau pemilik perusahaan.
Tidak suka diberitahu apa yang harus dilakukan, memiliki kesulitan dengan proyek-proyek kreatif, tidak bekerja dengan baik bila tidak ada arah, tidak tertarik terhadap pekerjaan seperti: penjualan, periklanan, seni, atau musik, karena tidak ada struktur, atau stabilitas dalam karir.



Anak Kedua atau Tengah

Di antara anak sulung dan anak bungsu adalah anak tengah yang terkenal dengan ketrampilan mereka bernegosiasi. Karena posisi yang "terjepit" maka mereka ingin mendapatkan perhatian dari orangtua atau orang-orang lain di sekitarnya. Anak tengah cukup sulit untuk dijabarkan, namun mereka cenderung kebalikan dari saudara mereka yang lebih tua. Namun ada beberapa karakteristik tentang tipe anak yang lahir di tengah.

  • Cenderung lebih mandiri sehingga dapat membentuk karakternya sendiri. Misalnya, sang ibu menggendong adik dan bapak memegang kakak, ia tidak tahu harus bergantung pada siapa. Akhirnya ia menjadi anak yang lebih mandiri.
  • Karena terabaikan, anak kedua atau tengah cenderung mempunyai motivasi tinggi, bisa dalam hal prestasi maupun sosialisasi.
  • Cenderung lebih bebas dari harapan orangtua dan independen.
  • Pandai melihat situasi.
  • Aturan yang diterapkan lebih longgar. Anak kedua umurnnya diperbolehkan melakukan hal-hal tertentu dengan sedikit batasan.
  • Berjiwa petualang. Suka berteman dan hidup berkelompok.
  • Bebas mengekspresikan kepribadiannya yang unik.
  • Cenderung lebih ekspresif. Berambisi untuk melampaui kakaknya, terlebih bila jarak usianya berdekatan.
  • Walau cenderung suka melawan, anak kedua biasanya lebih mudah beradaptasi.
  • Fleksibel dan cinta damai.
  • Memiliki bakat seni.
  • Motivasinya tinggi.
  • Memiliki interes sosial.
  • Lebih mudah menyesuaikan diri dibandingkan kakaknya.
  • Cenderung sangat membutuhkan kasih sayang.
  • Kerap kesulitan menggambarkan kepribadiannya.
  • Cenderung merasa tidak disayang orangtua dan merasa tidak bisa lebih baik daripada kakaknya.



Kelebihan dan Kekurangan

Kategori
Kelebihan
Kekurangan
Sifat
Pecinta damai, mediator, mampu menjaga rahasia, tidak manja, berani mengambil risiko, realistis, rukun dengan orang lain, membaca orang dengan baik, mandiri, setia kepada pendukung, kompetitif, dan imajinatif.
Membenci konfrontasi, keras kepala, sinis, curiga, dan suka memberontak.
Karir
Pilih karir yang memungkinkan mereka untuk menjadi kreatif seperti: penjualan, seni, periklanan, atau karir yang memerlukan negosiasi, cocok untuk manajemen karena memiliki kepemimpinan, dan kemampuan untuk tidak memihak.
Kurang bisa melakukan pekerjaan dengan baik dengan sistem hirarki, tidak suka aturan ketat, lebih suka bekerja dengan langkah mereka sendiri, dan karena itu tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu, tidak bekerja dengan baik dengan rincian, tidak bekerja dengan baik dalam hal memotong dan bahan kering, lebih suka membuat hal-hal yang lebih kreatif dari yang dibutuhkan.



Anak Terakhir atau Bungsu

Anak terakhir sering dianggap bayi keluarga, dan hidup sebagai peran ini. Kadang-kadang sulit bagi anak yang lahir terakhir untuk menemukan tempat di keluarga, sebagai anak pertama dan menengah telah meninggalkan jejak kaki untuk diikuti, dan mengukir mereka sendiri ke dalam keluarga. Karakter umum yang terdapat anak terakhir antara lain :

  • Tergolong anak yang sulit karena mempunyai kakak yang dijadikan model.
  • Kerap merasa inferior (rendah diri), tidak sehebat kakak-kakaknya.
  • Dalam pengasuhan kerap dibantu orang sekitar, sehingga tidak terlalu sadar dengan potensi dirinya.
  • Cenderung dimanjakan dan kasih sayang banyak tercurah padanya. Lebih merasa aman.
  • Cenderung tidak dewasa dan kurang bertanggung jawab.
  • Biasanya paham bahwa mereka termasuk spesial.
  • Dianggap sebagal “anak kecil” terus menerus.
  • Aturan yang diberlakukan padanya lebih longgar.
  • Hanya diberi sedikit tanggung jawab dalam keluarga.
  • Umumnya tidak diberi banyak tugas, dan tak perlu mengasuh adik.
  • Sedikitnya pengalaman dalam belajar bertanggung jawab membuat si bungsu menghindari tanggung jawab dan komitmen, terutama bila orangtua senang memperlakukannya sebagai “bayi”.
  • Lebih spontan dan mempunyai jiwa yang lebih bebas.
  • Banyak komedian dan pembawa acara merupakan anak tengah atau anak bungsu karena bebas mengembangkan kepribadian mereka yang unik.




Kelebihan dan Kekurangan

Kategori
Kelebihan
Kekurangan
Sifat
Ramah tamah, penyayang, peduli, kreatif, empatik, dan percaya diri.
Manja, manipulatif, tidak dewasa, egois, dan tak terduga.
Karir
Karir di penjualan, atau perusahaan pemroduksi bekerja dengan baik karena kemampuan mereka untuk menjual sesuatu,  dapat bekerja sendirian dengan baik, ingin menjadi bos, dan hanya melakukan hal mereka sendiri dengan langkah mereka sendiri.
Tidak suka terikat komitmen, bisa dianggap sebagai "pesaing yang tajam", terkadang mencoba terlalu keras, jalan alternatif dalam hidup dapat membuat mereka seperti orang aneh.







Anak Tunggal
Karakteristik kepribadian anak tunggal secara psikologis misalnya soal peragu dan terlalu berhati-hati dalam membuat keputusan. Sehingga kemampuannya yang di atas rata-rata dan memungkinkannya mengambil keputusan tegas itu tidak sejalan dengan lambatnya ia mengambil keputusan.
Hal lain dari ciri menonjolnya adalah akan selalu berusaha tampil mempesona, menjaga perilaku, dan mengontrol diri secara ketat yang selalu menjaga penampilannya kapan dan di mana pun.
Menurut aspek motif sosial menurut McLelland, salah satu ciri menonjol lainnya adalah kebutuhan akan prestasi dan afiliasi. Prestasi tinggi yang diraihnya itu merupakan tuntutan dari besarnya kebutuhan akan prestasi. Dasar dorongan berprestasi adalah kebutuhannya untuk tetap mendapatkan perhatian dari orang lain. Artinya, dasar dari kebutuhan berprestasi dalam dirinya adalah cermin dari kebutuhan afiliasi.
Kesan keragu-raguan dan lambatnya seorang anak tunggal dalam mengambil keputusan itu sangat mungkin didasari oleh kebutuhan afiliasinya untuk mendapatkan perhatian orang lain. Sehingga ada dorongan dalam dirinya untuk memiliki pengaruh cukup besar, terutama pengaruh yang akan membuat orang lain senang berada di dekatnya.
Kelebihan dan Kekurangan

Kategori
Kelebihan
Kekurangan
Sifat
Percaya pada pendapat mereka sendiri, cepat dan tepat, ambisius, giat, energik,  pemecah masalah yang baik, dan ambisius.
Berorientasi pada diri sendiri, takut mencoba hal baru, mengkritik diri mereka sendiri dan orang lain, terlalu khawatir, merasa bahwa mereka selalu benar, tidak fleksibel, dan terlalu sibuk untuk melihat gambaran besar.
Karir
Hukum, kedokteran, dan arsitektur: Pilih mirip dengan anak yang lahir pertama seperti karir. Seperti konsep hitam dan putih dan sering lebih suka bekerja sendiri atau menjadi bos, yang menyumbang keberhasilan mereka.
Tidak suka diberitahu apa yang harus dilakukan, sering menyimpang dari situasi kerja tim, atau mengambil terlalu banyak tanggung jawab. Mungkin tidak merespon dengan baik untuk kritikan, dan karena itu tidak dapat memperbaiki di area yang cacat.



Anak Kembar
Meski masing-masing memiliki saudara kandung, anak kembar biasanya tumbuh menjadi pribadi yang berbeda. Umumnya, anak yang lahir lebih dulu akan memiliki sifat selayaknya seorang kakak yang melindungi. Sementara yang lahir kemudian akan memiliki sifat layaknya adik.
Di luar hubungan mereka, anak kembar biasanya akan memiliki permasalahan dengan cap “kembar” itu. Hal ini bisa menjadi sumber kefrustasian anak kembar ini saat mereka tumbuh dewasa dan mencari jati diri mereka. Jadi, ajarkan anak kembar untuk mencari gairah atau kesukaan mereka masing-masing. Meski mereka akan sulit untuk dipisahkan dan lebih memilih untuk bersama saja, cobalah dekati satu per satu perhatikan ketertarikan dan keterampilan seperti apa yang mereka miliki per individu. Amat penting untuk masing-masing anak membangun ketertarikan dan kepribadiannya masing-masing dan tidak saling tergantung.


Sifat Umum Anak Kembar Pertama
  • Menyerupai pertama lahir
  • Agresif
  • Keras
  • Blak-blakan
  • Keras kepala
  • Intoleran

Sifat Umum Anak Kembar Kedua
  • Menyerupai anak tengah
  • Pemalu
  • Seorang penyendiri
  • Tenang
  • Tidak menentang

Kelebihan dan Kekurangan

Kategori
Kelebihan
Kekurangan
Sifat
Memiliki pendamping konstan, seseorang yang mengerti, memiliki hubungan dengan seseorang, percaya diri, multi-tugas, pemandu, ingin menonjol.
Krisis Identitas, mungkin tidak merasa unik, bersembunyi di balik bayangan kembar, tidak banyak privasi, merasa diserang.
Karir
Dua koneksi, dua referensi, sering memilih karir yang berbeda dari saudara kembar mereka, ingin menjadi seorang individual, merasa mereka harus berdiri keluar oleh karena itu mereka mengalami kesulitan.
Mungkin merasa hilang tanpa saudara kembarnya, tidak bekerja baik apabila sendirian, jika salah satu menjadi pemimpin, dia mungkin mencoba membayangi orang lain sebagaimana dia lakukan kepada saudara kembar mereka, jika salah satu menjadi pengikut, dia mungkin terlihat bagi orang lain untuk menjadi "induk ayam" mereka.


Faktor Perbedaan

Ada banyak variabel yang dapat menyebabkan urutan proses kelahiran tidak bekerja pada beberapa hal, dan ini adalah normal. Lihatlah variabel di bawah ini dan mulailah untuk memahami mengapa Anda mungkin merasa tidak sesuai dengan urutan kelahiran Anda.

Orang Tua
·         Kedudukan perkawinan
·         Gaya hidup orang tua
·         Cara pandang orang tua
·         Urutan kelahiran orang tua

Status perkawinan orang tua itu penting, karena hal ini sering menentukan apakah seorang anak itu menjadi seperti ibu atau ayah atau keduanya. Jika orang tua bercerai dan menjadi single parent, kemudian anak tersebut akan memiliki karakter yang paling terlihat dalam orang tua, terlepas dari urutan kelahiran.
Gaya orang tua juga memainkan peran penting, karena hal ini mempengaruhi bagaimana anak bereaksi dalam segala situasi. Bagaimana Anda mengajar anak-anak Anda mengajarkan bagaimana mereka akan belajar, dan pada gilirannya mengajarkan bagaimana mereka berinteraksi dengan masyarakat.
Cara pandang orang tua juga dapat mempengaruhi sifat pada anak-anak. Jika orang tua terlalu kritis, seorang anak bisa memiliki kepercayaan diri rendah, dan dia mungkin tidak merasa cukup baik, hal ini dapat menyebabkan keretakan dalam proses urutan kelahiran.
Urutan kelahiran orang tua masing-masing juga menimbulkan pertanyaan. Jika salah satu orang tua adalah anak pertama, dan yang lain anak tunggal, maka kemungkinan anak-anak mereka akan memiliki karakteristik umum pertemuan kepribadian dan gaya pengasuhan orang tua mereka. Namun, jika satu orangtua adalah anak terakhir, dan yang lainnya anak kembar, maka si anak dapat mengikuti urutan kelahiran mereka sendiri karena tidak ada kesamaan atau perbedaan besar dalam urutan kelahiran orang tua mereka.


Jenis Kelamin

Ini tidak terjadi di setiap contoh, tapi seringkali ketika ada perempuan atau laki-laki lahir terlebih dahulu, kemudian si anak sebelum dirinya adalah lawan jenis, maka urutan kelahiran bisa mengulang. Semuanya biasanya masih dalam bijaksana dengan proses urutan kelahiran, namun Anda bisa memiliki dua anak yang lahir pertama.





Pemisahan Keluarga
  • Terpisah lebih daripada lima tahun
  • Memulai “keluarga baru”
Bila ada lebih dari lima tahun kesenjangan antara dua anak, sering kali merupakan "pribadi baru" terbentuk. Karena tingkat kematangan dari anak-anak begitu jauh, proses urutan kelahiran seringkali berulang. Hal ini mungkin menghasilkan dua anak lahir pertama, atau mungkin anak yang pertama, lahir tengah, lalu terakhir, dan kemudian anak tunggal, semua tergantung pada waktu.

Adopsi / Pernikahan Kembali
  • Bertemu baik sulung atau bungsu pada skala urutan kelahiran
  • Semua tergantung pada usia pada saat itu dan di mana anak-anak mengenal satu sama lain
Jika adopsi terjadi, urutan kelahiran bisa sedikit direnovasi karena kenyataan bahwa sekarang ada anak lain dalam keluarga. Hal yang sama berlaku untuk pernikahan kembali, dan perubahan keluarga. Perbedaan tertentu terjadi bervariasi dalam kasus tertentu. Hal ini sangat tergantung pada umur pada saat adopsi / pernikahan kembali, dan di mana anak-anak lain bertemu dalam urutan kelahiran, jika ada anak-anak lain.


Mental / Fisik / Kecakapan Emosional
  • Salah satu aspek yang melambat bisa membuang urutan kelahiran
  • Perlambatan mental
  • Cacat fisik
Jika ada hambatan dalam satu atau lebih dari anak-anak, ini bisa mencegah proses urutan kelahiran dari yang diterapkan. Seringkali ketika ada atau fisik gangguan perkembangan pada anak, maka anak-anak lain, baik tua atau muda, akhirnya pekembangannya lebih cepat dan merawat anak yang bersangkutan. Karena anak-anak ini membantu untuk merawat anak cacat berarti urutan kelahiran mereka sekarang tidak sah, karena mereka mungkin bereaksi secara berbeda terhadap tanggung jawab tambahan, dan mental.

Kematian Orang Tua / saudara
  • Pergeseran seorang anak baik ke atas atau ke bawah
  • Memiliki efek yang berbeda ketika orang tua meninggal
  • “Hantu” Anak-anak
Jika kematian saudara terjadi, anak-anak biasanya mengambil peran saudara mereka dalam upaya untuk membuat almarhum anak masih menjadi bagian dari kehidupan mereka. Oleh karena itu, sering anak-anak bergeser perannya naik atau turun tergantung di mana posisi anak yang meninggal dalam proses urutan kelahiran. Jika orang tua mati maka anak mungkin bergeser perannya naik atau turun atau hanya tidak layak lagi menjadi semua jenis pembentukan. Semuanya tergantung pada bagaimana anak bereaksi terhadap kematian orang tua mereka, dan bagaimana upaya sisa keluarga mereka. "Hantu" anak-anak terjadi ketika seorang anak meninggal dan kemudian anak lain lahir tak lama setelah itu. Anak yang baru lahir tidak pernah tahu anak almarhum, namun dia tidak mengambil tempat mereka dalam arti tertentu baik untuk orang tua dan saudara-saudara mereka dan atau saudara. Anak baru dapat penggantinya, dan mengambil karakteristik anak lain , karena karakteristik ini sering didorong atas mereka oleh anggota keluarga mereka.

Strategi Pembelajaran Bagi Orang Tua


Anak Pertama

Anak pertama seringkali sangat sensitif terhadap kritik sebagai anak-anak. Mereka cenderung perfeksionis, dan merasa seolah-olah mereka tidak akan pernah cukup mengukur dirinya dengan orang tua mereka. Orang tua harus memperkuat anak-anak mereka bahwa itu boleh saja gagal dan bahwa setiap orang melakukannya, termasuk diri mereka sendiri. Mungkin perlu untuk mengungkapkan beberapa kekurangan Anda untuk anak pertama Anda sehingga ia dapat melihat bahwa tidak ada seorangpun yang sebenarnya sempurna dan hal tersebut tidak masalah.

Hal yang baik apabila memberikan ide yang baik untuk memberikan jalan keluar anak pertama Anda dari stres, apakah itu olahraga, musik, menulis, atau seni. Hal ini diperlukan karena pada waktu lahir anak pertama cenderung masuk ke tekanan yang cukup berat, dan sering menjadi bangga untuk meminta bantuan. Oleh karena itu, adalah ide yang baik untuk membiarkan mereka tahu bahwa Anda terus-menerus mampu dan mau membantu mereka. Ini juga merupakan ide yang baik untuk membiarkan anak anda tahu bahwa meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan, melainkan tanda kematangan



Anak Tengah

Anak tengah bisa jadi agak rumit, karena mereka sering terlihat pemberontak, dan menjadi kebalikan anak pertama Anda. Namun ini benar-benar alami, dan itu adalah sesuatu yang harus diketahui oleh setiap orangtua. Tidak ada anak tengah ingin menjadi bagian seperti kayu dalam rumah, mereka ingin menonjol dan diperhatikan. Seringkali anak tengah cenderung merasa seolah-olah mereka tidak khusus, dan mungkin mereka mempertimbangkan cara untuk mendapatkan perhatian dengan bertindak tidak wajar atau memberontak.

Untuk menghindari tindakan-tindakan ini, saya sarankan Anda menunjukkan betapa khususnya anak tengah Anda sebenarnya. Perhatikan bakat khususnya, dan pastikan untuk membiarkan mereka tahu bahwa Anda mengasihi mereka. Anak tengah sering keluar dan berteman dengan mudah, namun jika anak tengah Anda adalah seorang penyendiri dan pemalu, mungkin ide yang baik untuk mengeksplorasi beberapa hal bersama-sama dengan orang tua dan anak-anak lain. Dengan cara ini anak Anda dapat bermain dengan anak lain seumurannya dan mendapatkan waktu yang berkualitas dengan Anda, sesuatu yang mereka percaya mereka yang tidak pernah dimilikinya. Nyanyikan anak tengah Anda dengan pujian, akan tetapi jangan berlebihan yang dapat membuat mereka besar kepala. Anak tengah sering akan meninggalkan diri dari kegiatan dengan mengatakan hal-hal seperti "Mereka tidak ingin aku datang juga." Jangan biarkan ini terjadi, yakinkan anak tengah Anda bahwa mereka hanya menjadi bagian dari keluarga Anda sebagai orang lain, setiap orang yang mengasihi mereka, dan ingin mereka untuk bergabung didalamnya.



Anak Bungsu

Anak yang lahir terakhir terampil dalam mendapatkan jalan mereka, dan akan menguji keterbatasan mereka sampai akhir waktu. Anak terakhir sering manipulatif dan menyadari bahwa dia bisa mendapatkan lebih dari orang lain dengan hanya memberikan Anda dengan senyum kekanak-kanakan. Jangan tersentuh untuk itu. Anda tidak harus menyerahkan pada anak terakhir Anda hanya karena mudah, gunakan senjata Anda. Jika anak menginginkan sesuatu yang tidak akan membiarkan orang lain memilikinya, maka jangan biarkan mereka memilikinya, atau jika melakukan sesuatu yang Anda akan menghukum anak lain untuk itu, hukumlah mereka. Jika Anda tidak menjaga konsistensi yang sama dengan anak terakhir seperti yang Anda lakukan dengan anak-anak Anda yang lain, maka kebencian bisa mengikuti. Anak terakhir juga mencari perhatian, dan akan melakukan apa saja untuk tertawa. Jangan biarkan mereka pergi terlalu sering, bagaimanapun, yakin bahwa dia tahu bahwa ada waktu untuk bermain, ada waktu untuk serius. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menunjukkan anak terakhir berbeda dari anak Anda sebelumnya untuk mendapatkan mereka berkenalan dengan anak-anak usia mereka sendiri yang berbeda dari mereka dan yang tidak memperlakukan mereka seperti pangeran / putri.



Anak Tunggal

Anak tunggal sangat kompleks, dan bisa menyajikan mereka sedikit tantangan, karena sulit untuk mengatakan tidak terhadap bayi Anda. Namun, mengatakan tidak ada keharusan dalam memiliki anak tunggal. Anak tunggal cenderung manja dan percaya bahwa dunia berputar di sekitar mereka. Oleh karena itu, saya sarankan pada usia sedini mungkin menempatkan anak Anda satu-satunya dalam kelompok bermain. Hal ini hanya bisa selama satu jam sehari, tetapi perlu terjadi anak ini akrab dengan anak-anak lain, dan untuk mewujudkan konsep berbagi, dan segala sesuatu yang tidak berputar di sekitar mereka. Seorang anak hanya akan sering sensitif terhadap kritik, sehingga melakukannya dengan cara yang konstruktif. Orang tua juga harus tidak mencoba untuk mendorong semua harapan dan impian pada anak Anda karena hal ini dapat mengakibatkan konsekuensi yang mengerikan. Jika anak merasa seolah-olah mereka harus menjadi sempurna untuk mendapatkan cinta dan hormat, ia lebih cenderung memiliki tekanan dan kecemasan. Sangat penting untuk membiarkan anak Anda tahu Anda akan mencintainya tidak peduli apa dan bagaimana, Anda hanya ingin mereka melakukan yang terbaik.



Anak Kembar

Jarang orangtua diberkati dengan anak kembar, namun jika Anda adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung, maka terimalah. Anak kembar adalah kelahiran spesial dan pada dasarnya kesepesialannya membuat peraturan mereka sendiri. Tidak ada pedoman untuk salah satu dari jenis urutan kelahiran, tetapi anak kembar terutama berada di luar ikatan ini. Hal yang sangat penting bahwa Anda membiarkan masing-masing anak Anda menjadi unik. Saya tidak akan merekomendasikan anak-anak berpakaian sama bahkan ketika mereka muda. Karena setelan, Anda dan orang lain selalu menyebut mereka sebagai "si kembar". Anda harus menyadari bahwa ya sementara mereka kembar, ini hanya salah satu aspek dari siapa mereka. Hal ini diperlukan untuk membiarkan mereka berkembang menjadi diri mereka sendiri, dan untuk menghormati dan mencintai mereka karena mereka berbeda, bukan untuk menghukum mereka untuk itu. Ini juga akan menjadi ide yang baik yang begitu mereka menyatakan minat di bidang tertentu, untuk membiarkan mereka mengeksplorasi lebih sendiri. Hal ini akan membantu karena kembar mereka tidak akan berada di sisi mereka dalam semua situasi dan perlu membiarkan mereka membuat teman baru, hanya tumbuh menjadi mereka sendiri.

Daftar Pustaka


The Effects Of Birth Order On Personality by Samantha Murphy (2005)

"The Birth Order Effect: How to Better Understand Yourself and Others" By Cliff Isaacson and Kris Radish

http://forum.kompas.com/showthread.php?25298-Kepribadian-Anak-Berdasarkan-Urutan-Kelahiran

www.indowebster.web.id/showthread.php?t=46870&page=1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar